Kebinasaan anak yang durhaka

KEBINASAAN ANAK YANG DURHAKA

🌋 Kekufuran seseorang kepada Al Kholiq dan kedurhakaannya kepada orang tuanya, akan berdampak buruk dan membinasakannya jika ia tidak bertaubat dan kembali kepada Allah Sang Penciptanya.

🏕 Allah Tabaroka wa Ta’ala mengisahkan secara singkat kisah putra Nabi Nuh yang durhaka kepada ayahnya ‘alaihis salam:

{وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْر۪ىٰهَا وَمُرْسٰىهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ}

“Dan Nuh berkata: “Naiklah kalian sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Rabku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
[QS. Hud:41]

{وَهِىَ تَجْرِى بِهِمْ فِى مَوْجٍ كَالْجِبَالِ وَنَادٰى نُوحٌ ابْنَهُۥ وَكَانَ فِى مَعْزِلٍ يٰبُنَىَّ ارْكَب مَّعَنَا وَلَا تَكُن مَّعَ الْكٰفِرِينَ}

“Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir”.”
[QS. Hud:42]

{قَالَ سَـَٔاوِىٓ إِلٰى جَبَلٍ يَعْصِمُنِى مِنَ الْمَآءِ ۚ قَالَ لَا عَاصِمَ الْيَوْمَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِلَّا مَن رَّحِمَ ۚ وَحَالَ بَيْنَهُمَا الْمَوْجُ فَكَانَ مِنَ الْمُغْرَقِينَ}

“Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang”. Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.”
[QS. Hud:43]

⛲️ Wallahu a’lam bis showab

✍🏼 Qoshoshul Anbiya
📚 https://t.me/kisahparaNabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: